Selasa, 08 November 2011

“ 7 Kekeliruan Indonesia”

Samurai
Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata “samurai”? saya yakin anda akan menjawab “pedang khas Jepang.” Kalau Anda juga berpandangan demikian, inilah salah satu bukti kekeliruan yang terjadi di masyarakat kita. Kita sudah terlanjur menganggap “samurai” sebagai “pedang khas Jepang.” Padahal yang benar, “samurai” adalah pendekar Jepang, sedangkan pedangnya yang selama ini kita yakini sebagai “samurai” sebenarnya bernama “katana”!

1.001
Angka 1.001 (baca: seribu satu) lazim dipakai untuk menyatakan sesuatu yang jumlahnya sangat banyak, meskipun mungkin jumlahnya tidak sebanyak itu. Ada “Cerita 1.001 Malam”, ada juga sinetron tentang jin yang memplesetkannya menjadi “1.001 Macam”, sebuah TV swasta juga menayangkan sinetron dengan judul “1.001 Cara Menggaet Cowok”, dan masih banyak lagi. Kita semua sepakat 1.001 sebagai bilangan yang dipakai untuk menyatakan jumlah yang sangat banyak (tanpa mempedulikan jumlah sebenarnya). Jadi tidak perlu protes seandainya Anda membeli buku berjudul “1.001 Jurus Jitu Mencari Jodoh” tapi Anda tidak menemukan 1.001 jurus seperti yang tertulis di sampul buku.

Prapatan
Anda pernah ke Semarang? Anda tentu tahu kawasan Simpang Lima. Tak usah jauh-jauh ke sana, di Bandung juga ada. Namun orang Bandung punya sebutan yang berbeda, Prapatan Lima! Ini jelas penggunaan kata yang tidak tepat. Kata prapatan atau perempatan artinya jalan simpang empat (KBBI, 1997, hal. 262). Mungkin kata “prapatan” sudah terlanjur dianggap sama dengan kata “simpang”? Wah… jangan-jangan di Bandung juga ada prapatan tiga.

IMLEK
makna hakiki perayaan Tahun Baru IMLEK adalah dengan penuh riang gembira, bahagia, dan rasa syukur atas kedatangan musim semi. makna sebenarnya akan menjadi kabur apabila Imlek dirayakan di luar daratan china.
di Indonesia, hanya ada dua musim, musim kemarau dan hujan, di Selandia baru, ketika di china musim semi, maka di selandia baru sedang menjelang musim gugur…

Absen
Absen berasal dari bahasa Inggris, absent yang artinya tidak hadir. Namun kenyataan dalam kehidupan sehari-hari membuktikan, penggunaan kata tersebut diartikan sebaliknya, menjadi hadir.
Merujuk pada arti dalam bahasa Inggris tadi, kata absen untuk buku absen atau kartu absen perlu diganti dengan presency card atau kartu kehadiran, yang berasal dari bahasa Inggris, present yang artinya hadir, mempersembahkan. Jadi sebaiknya digunakan bahasa Indonesia, misalnya kartu kehadiran atau buku daftar hadir.

MARXISME
Friederich Engels, agar mampu membiayai penelitiannya bersama Karl Marx, dalam menciptakan suatu bentuk pemikiran sosio politik-ekonomi baru. Engels mengelola suatu pabrik cabang milik ayahnya di Manchester, Inggris, yg jelas menganut paham Kapitalis.
Jadi kelahiran Marxisme, sebagai landasan komunisme, ternyata dibiayai selama 19 tahun melalui jalur ideologi yang justru paling dimusuhi Marxisme, yaitu : Kapitalisme

MENS SANA IN CORPORE SANO
Sadarkah kita, semboyan yang kita terima sejak kecil - mens sana in corpore sano - sebenarnya keliru (di samping keliru kuotasinya)? “Di dalam tubuh yang sehat, belum tentu hadir jiwa yang sehat. contoh Mike Tyson atau penghuni Rumah Sakit Jiwa, bertubuh sehat tapi jiwanya sakit. “Para pencopet, maling, perampok, rata-rata fisiknya sehat bahkan kuat agar mampu menunaikan profesi kriminal mereka.

(ami_red)

2 komentar:

  1. ini karya sendiri atau ada referensinya? klo ada sumbernya tolong ditulis..

    BalasHapus
  2. ini versi baskom online..
    kalo refrensinya dari banyak sumber..

    BalasHapus