Senin, 02 Januari 2017

“BENGKULU DI TANGAN KITA”

Bengkulu adalah sebuah provinsi di indonesia dengan beribukota di kota bengkulu. Luas areal daerah bengkulu menurut survey terbaru adalah    . dapat dikatakan bahwa bengkulu termasuk ke dalam sebuah provinsi yang tergolong kecil dengan luar areal yang demikian. Namun yang perlu kita ketahui adalah masih banyak hal hal yang tersembunyi dan tak kelihatan secara real dari provinsi bengkulu. Seperti adat istiadat yang beragam, aneka budaya yang menggiurkan, serta toleransi umat beragama dan beberapa tempat bersejarah yang ada di provinsi ini. Di dalam bagian kepemimpinan atau orang-orang yang memimpin provinsi bengkulu ini, bengkulu termasuk ke dalam provinsi dengan kepala daerah yang terkorup di indonesia dengan nomor urut ke dua. Juga keadaan lingkungan di provinsi ini pun, sebahagian besar daerah nya masih asri dan terawat meski tidak sedikit juga yang dirusak oleh oknum kontra lingkungan yang kurang bertanggung jawab dengan hanya menyelesaikan proyek mereka demi mencukupi kebutuhan mereka pribadi padahal mengorbankan kepentingan banyak pihak lainnya yang seharusnya bisa menikmati lingkungan tersebut. Permasalahan lingkungan pun bukanlah hal yang tabu di bengkulu, meski sudah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintahan provinsi bengkulu dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Namun tetap kembali kepada kesadaran masyarakat yang masih sangat minim dan sangat riskan untuk merusak keadaan alam yang seharusnya dilestarikan dalam upaya pelestarian lingkungan berkelanjutan. Karna terdapat anggapan bahwa kita bukan menikmati alam dari nenek moyang kita, melainkan kita meminjamnya dari anak cucu kita. Oleh karena itu haruslah dengan kesadaran penuh dalam pelestarian lingkungan agar alam sehat dan kehidupan kitapun ditunjang dengan baik oleh alam.
                Pemamfaatan dengan sebaik-baiknya seluruh sumber daya alam yang sudah tersedia, melestarikan dan bahkan akan lebih baik lagi jika meningkatkan daya guna alam, mengembangkannya di bidang pariwisata dan bidang lainnya yang lebih berguna lagi. Suku, budaya, adat istiadat pun tersuguhkan memperindah pemandangan generalisasi kota bengkulu. Sampah adalah salah satu masalah terbesar bagi masyarakat bengkulu. Kurangnya kesadaran akan sampah pun adalah penyakit yang susah dihilangkan dari kebiasaan gaya hidup masyarakat bengkulu. Padahal apabila sampah-sampah ini teratur dan sesuai pada tempatnya dan dapat didaur ulang kembali akan lebih memancarkan suguhan keindahan alamnya Provinsi bengkulu ini. Marilah kita seluruh rakyat indonesia, khususnya bengkulu supaya kita bisa bersama sama berbuat yang terbaik dan menjaga alam kita sebaik baiknya maka alampun secara tidak langsung memancarkan senyum bahagia yang sungguh menawan hati.
                Adat-istiadat di provinsi bengkulu sangat beragam dan hampir semua aspek kebudayaan tersebut memilikinya seperti Tarian, Bahasa, musik, makanan, suku, Gaya hidup, maupun interaksi sosialnya. Mulai dari Suku asli Rejang, tarian adat bengkulu, musik bengkulu, alat musik dol, kain batik besurek dan lainnya adalah contoh nyata yang tersuguhkan dari provinsi bengkulu ini. Bahkan sudah bercampur dengan beberapa unsur budaya provinsi lain seperti Sumatera Selatan, Sumatra Utara, Jambi, Bahkan tidak sulit ditemukan dari masyarakat timur indonesia di bengkulu, yang tentunya dengan tujuan dan pekerjaan masing masing maupun dalam menempuh dunia pendidikan yang akan mereka persiapkan untuk masa depan mereka meskipun disamping itu masyarakat bengkulu dan yang berasal dari daerah lain juga melaksanakan demikian pula. Namun disamping itu tetap terdapat permasalahan dalam kerukunan dalam hidup berdampingan dalam keadaan lain suku,lain agama, dan unsur pembeda lainnya. Seharusnya hal itu menjadi pengaya bukan menjadi pemisah ataupun pembeda dan pembuat keributan. Sifat ingin ditinggikan atau dipuji seakan sudah menjadi budaya dalam kehidupan interaksi bermasyarakat di bengkulu. Itu bisa terlihat dari cara hidup dan gaya bersosialisasi meskipun tidak sedikit juga kalangan kalangan yang mengerti dan menganggapnya sebagai alat pemersatu bukan pemisah. Harapan saya bagi semua masyarakat bengkulu akan lebih baik lagi apabila kekayaan budaya yang ada di Bengkulu haruslah dirawat dan dijaga sedemikian rupa agar tetap lestari dan masih bisa dinikmati nantinya oleh anak cucu kita. Kita pergunakan waktu kita sebaik-baiknya untuk bersahabat dengan alam dan dengan manusia. J
                Permasalahan kepala pemerintahan bengkulu yang sungguh mengganggu dan menimbulkan perasaan tidak percaya terhadap mereka-mereka yang memipin provinsi bengkulu ini. Saya menyorot akan hal ini bukan semata-mata mau merendahkan bengkulu namun dari beberapa data fakta yang saya lihat dan rasakan memang masih  terlihat bahwa tidak sedikit pemimpin-pemimpin Bengkulu menyalahgunakan kekuatan dan kekuasaan yang mereka miliki dalam memimpin Bengkulu. Bahkan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini pun dari pemerintahan dan kepala-kepala setiap provinsi, Bengkulu adalah yang kedua dalam hal  kekotoran pemimpin-pemimpin provinsinya. Hal ini dimuat dari data fakta pemerintahan dan terlihat langsung kepada media massa di bengkulu sendiri. Sangat membuat kecemaran terhadap citra bengkulu yang sangat berpotensi dalam pengembangannya. Apabila para pengelola diatas pemerintahan provinsi bengkulu saja sudah bermasalah, bagaimana bisa membangun provinsi yang maju dan makmur dan memamfaaatkan semua kondisi dan keadaan alam yang sangat luar biasa. Marilah kita rakyat Bengkulu supaya bisa memperbaiki karakter dan akhlak kita yang dimulai dari diri sendiri supaya apabila pun kita menjadi pemimpin di Bengkulu ini kita akan lebih mengerti bagaimana mengelola dan membuatnya menjadi hal baik dan positif.
                Bengkulu mau kita bawa kemana? Dengan beberapa metode penelitian yang sudah dilakukan oleh mahasiswa yang meneliti mengenai kehidupan bermasyarakat dan sosialisasi cara etika dan berperilaku serta budaya yang tak dapat diubah dan merupakan sebuah polastatisisasi. Yang dimana tidak dapat diubah ataupun dalam intensitas yang cukup sulit karna sudah menjadi kebiasaan. Oleh karena itu marilah kita tanamkan didalam setiap karakter bengkulu untuk mau merawat menjaga dan memelihara setiap kekayaan sumber daya yang ada namun tetap harus memperhatikan setiap oknum pemimpin dan pemerintahan yang menjalankannya. Dengan cara yang demikian sudah dapat dipastikan bahwa bengkulu akan bertambah pesat dan cepat perkembangannya.
                Menjalankan proses adalah cara terbaik dan benar supaya kita dapat mencapai segala sesuatu yang kita ingin kan baik barang, kemampuan, dan tentunya ditunjang dengan berbagai hal lainnya seperti, sikap disiplin, jujur, bekerja keras, taat otoritas dan perintah, dan tentunya semuanya harus dengan sikap dan arah yang baik dan benar. Mengubah dunia bukan perkara susah tinggal bagaimana kita bisa menantang dan melawan kemauan dunia, selain kita juga tetap menjaga semua yang ada dunia yang harus dilestarikan. Dengan dukungan kerabat dan keluarga akan semakin mendukung mencapai keberhasilan tersebut, dan tetap tak dapat dipungkiri bahwa kita sesama manusia tetap saling membutuhkan dan mendukung satu sama lainnya. Marilah kita membentuk hati dan kepribadian yang baik, dimulai dari diri kita sendiri dan nantinya akan tertanam dan mendarah daging kedalam kepribadian yang kita miliki.

Rio Robby Manahan



0 komentar:

Posting Komentar