Kamis, 12 September 2013

Usaha Berbuah Bahagia



Menahan rasa rindu itu adalah hal yang sangat sulit, jika berpisah kita merasakan sangat sakit dan kehilangan tapi menahan rasa rindu lebih sakit dan lebih menyiksa dari pada semua itu, itu yang aku rasakan sudah 2 bulan aku berada dikota ini, seharusnya aku sudah bisa beradaptasi disini.
Dua bulan yang lalu dengan bermodalkan nekat dan sebuah alamat kakak sepupuku yang berada dibekasi aku berangkat dari kampungku, setelah lulus SMA aku memutuskan untuk pergi kepulau jawa, aku ingin mengadu nasib disana dan merubah kehidupanku, tidak mungkin aku terus-terusan membebani kedua orang tuaku, sebagai anak sulung aku harus ikut membantu orang tuaku untuk membiayayai adik-adikku.
 setelah dua bulan semua syarat-syarat untuk melamar pekerjaan telah selesai dan surat lamaranpun sudah ku buat, pagi itu dengan semangat kukayuh langkahku menuju kawasan di MM 2100, rencananya aku ingin melamar kerja di kawasan itu, disana banyak sekali pabrik-pabrik berdiri mega dan kawasannya luas sekali, tempatnya tidak begitu jauh dari rumah kakak sepupuku tapi karena aturan maka aku harus naik angkot dua kali untuk sampai dikawasan MM 2100.
Setelah sampai disana kulihat banyak orang-orang yang sudah berkumpul, “kayaknya mereka ingin mencari kerja juga “ pikirku.
“maaf mbx, disini ada lowongan ya ? rame bangetz ?” tanyaku pada seorang wanita yang kira-kira seusia denganku
“ia disini ada lowongan ni kita beru selesai tes, kalau mau cari kerjaan cari aja diPT yang lain disini udah selesai tes tinggal nunggu pengumuman lagi” jawab wanita itu dengan ketus 
“ oh ia mbx makasih ya “
Wanita itu tidak menghiraukan ucapanku dan pergi berlalu meninggalkanku, rasanya sakit tapi aku harus kuat mungkin disini orang-orang memang begitu aku hanya bisa berpikir positif saja, benar-benar melelahkan ingin rasanya menangis, tak tau arah dan tujuan, jalanpun tidak tau hanya sendirian berjalan dikawasan ini, “tuhan lindungilah aku dan mudahkanlah urusanku” doaku dalam hati, aku berhenti DiPT Mayora.
“assallamuallaikum pak, maaf pak disini ada lowongan gak ?” tanyaku pada satpam di PT mayora.
“maaf neng  kita lagi gak nerima pegawai baru” 
“gitu ya pak, Boleh minta no bapak ? kalau ada lowongan tolong hubungin saya ya pak, Ini no saya pak” pintaku dengan harapan bapak satpam mau menuruti permintaanku.
“ini neng no telpon saya, nanti kalau ada lowongan saya hubungin” 
“makasih banyak ya pak, bapak baik sekali”
“sama-sama neng, semoga cepat dapat kerja “ 
Ternyata dikota besar ini masih ada orang yang baik buktinya bapak satpam itu begitu ramah dan baik kepadaku.
Setelah seharin berkeliling dan mencari kerja aku memutuskan untuk pulang, rasanya baddanku mau remuk seharian berjalan mencari pekerjaan dan belum juga ada hasil tapi aku akan selalu berusaha masih ada besok, yang penting usaha dan berdoa kalau hasil biar tuhan yang nentuin.
“ eh Rima da pulang dx? Gimana tadi cari kerjanya maaf ya kaka gak bisa nemenin kamu nyari kerja kakak gak da libur “
“ia kak baru pulang, tadi susah nyari angkot abiznya udah sore bangetz, gak apa-apa kak aku paham kok kak via kan sibuk” 
“dx kamu ngpos aja lamaran udah banyak khan kamu tulis ini alamat PT yang bisa kamu kirimin lamaran pekerjaan, mudah-nudahan kamu dipanggil nanti”  
Dengan semgat kuambil kertas alamat yang diberikan kak via, dan besok aku sudah punya segudang rencana untuk dilakukan, karena kecapekan selesai shlat isa aku langsung tertidur.
Malampun berlalu begitu cepat dan berganti pagi, sebenarnya aku masih malas untuk membuka mata dan kembali beraktivitas tapi kupaksakan juga untuk bangun, kulihat kak via sudah tidak ada pasti dia sudah kerja karena minggui ini dia dapat shif 3 jam 10 malam.
Pagi ini aku pergi kekntor pos untuk mengirim lamaran ke lima buah PT, PT KDS Indonesia, PT Toyoseal, PT Yamaha Music, PT sanyo Jaya Component Indonesia, Dan PT Yamaha Motor.  Semoga saja Aku bisa diterima disalah satu PT tersebut, selesai dari kantor pos aku kembali kekawasan MM 2100, berkeliling  siapa tau ada lowongan disana.
“ mbx mau cari kerja ya mbx ?”  tanya seorang wanita yang berpakaian hitam, putih dan membawa map yang banyak,” pasti dia juga sedang mencari kerja” pikirku
“ ia mbx dari kemaren sudah mutar-mutar cari kerja tapi belum ketemu juga, mbx mau caroi kerja juga ya ?” 
“ ia mbx perkenalkan saya rani, enak mbx baru dua haru saya sudah sebulan belum juga dapat kerjaan mbx”
“ saya rima, ya kita harus selalu berusaha dan terus berdoa ran, jangan menyerah, ayo kita cari kerja sama-sama” ajakku dengan semangat.
Aku senang akhirnya mendapatkan teman untuk mencari kerja, rani begitu baik dia berasal dari cirebon dan sudah 4 bulan disini dan belum juga mendapatkan pekerjaan, kasihan juga mendengar ceritannya.
Sudah 1 minggu aku belum juga mendapatka pekerjaan, lanmaran yang aku kirimkan belum ada yang membuahkan hasil.
Kring kring suara hpku berbunyi
“Halo siapa ya “ tanya ku
“ Halo apa benar ini saudari Rima ?”
“ia Mbx ini siapa ya “
“kami dari PT Sanyo Jaya Componen Indonesia, ibik mendapatkan panggilan kerja, besok tesnya jam 8 pagi, pakai rok hitam dan baju putih” 
“oh ia mbx makasih ya mbx” 
aku sangat bahagia karena setelah sekian lama menunggu akhirnya aku mendapatkan panggilan walaupun belum pasti akan  lulus tapi setidaknya aku sudah mendaptkan harapan  baru.
Besoknya aku pergi ke PT Sanyo Jaya Componen Indonesia untuk mengikuti tes, kulihat disana banyak sekali orang yang akan tes, sedikit ciut juga nyaliku tapi, aku yakin aku pasti bisa, setelah melalukan tes selama beberapa hari, aku dinyatakan lulus dan bisa langsung training selama 3 bulan.
setelah menempuh banyak halangan dan rintangan dan pengalaman-pengalaman pahit selama mencari kerja, aku bisa bekerja disalah satu PT yang terkenal dibekasi aku tak pernah berpikir bisa bekerja disini tapi itulah takdir kita tidak tau kemana dia akan membawa kita, tapi jika kita terus berusaha dan berdoa, pasti kita akan memetik hasil yang setimpat dari hasil usaha kita. (by Rima Rosita)


1 komentar:

  1. Di sanyo jci di kawasan gobel bukan mbak?
    Klu boleh tao divisi apa?
    Makasih

    BalasHapus