Jumat, 18 November 2016

Jadikan Lemang Tapai Sebagai Ciri Khas Makanan Bengkulu dengan Menambah Berbagai Varian Rasa


Bengkulu, Siapa yang tidak mengenal Provinsi Bengkulu? Provinsi yang terletak di pulau Sumatera dan termasuk area Sumatera bagian Selatan ini merupakan salah satu provinsi yang besar akan kaya dengan alam dan pariwisata nya. Tetapi ada beberapa orang yang tidak mengetahui dimana letak provinsi ini.
Bengkulu merupakan wilayah yang terdiri dari kerajaan-kerajaan kecil berdasarkan etnis seperti Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Selebar, Kerajaan Pat Petulai, Kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sekiris, Kerajaan Gedung Agung, dan Kerajaan Marau Riang. Majapahit sempat menguasai seluruh Bengkulu, kemudian lepas, setelah kerajaan besar ini runtuh. Sebagian wilayah Bengkulu juga pernah berada di bawah kekuasaan Kerajaan Inderapura pada abad ke-17.
Bengkulu kemudian dikuasai Inggris dan memonopoli lada, namun wabah malaria yang terus menerus membuat Inggris berpikir kembali untuk menguasainya dan menganggapnya bukan wilayah yang menjanjikan. Meski sebelumnya ketika Sir Thomas Stamford Raffles datang ke Indonesia tahun 1818 sebagai wakil kerajaan Inggris dan sukses mengembangkan perdagangan lada di Bengkulu dan memerintahkan masyarakat Bengkulu menanam kopi, pala dan tebu. Setelah Perjanjian London tahun 1824, Bengkulu diserahkan ke Belanda, dengan imbalan Malaka sekaligus penegasan atas kepemilikan Tumasik atau Singapura dan Pulau Belitung. Sejak perjanjian itu Bengkulu menjadi bagian dari Hindia Belanda.
Pada tahun 1930-an, Bengkulu sempat menjadi tempat pembuangan sejumlah aktivis pejuang kemerdekaan, termasuk Ir. Sukarno yang diasingkan ke sini tahun 1938-1941. Di masa inilah Sukarno berkenalan dengan Fatmawati yang kemudian menjadi isterinya.
Provinsi Bengkulu sangat mudah diakses melalui transportasi darat, udara dan laut. Anda dapat menaiki bus langsung dari Medan, Padang atau Jakarta. Setiap hari ada banyak maskapai penerbangan terbang ke Bengkulu. Namun jika Anda ingin menggunakan transportasi laut maka ada kapal laut domestik dari Jakarta, Padang dan Medan yang berhenti di Pelabuhan Baai, Bengkulu.  
Dalam segi pariwisata, provinsi Bengkulu memiliki berbagai macam pariwisata seperti danau tes Lebong, danau mas Curup, air suban Curup, air terjun kemumu Argamakmur, bendungan Seluma, pantai linau Kaur, tapak paderi kota Bengkulu, benteng malborough kota Bengkulu, pantai panjang kota Bengkulu dan masih banyak lagi. 
Salah satu pariwisata yang sangat terkenal di Provinsi Bengkulu ialah pariwisata pantai panjang. Pantai panjang merupakan pantai yang membentang di sepanjang pesisir kota Bengkulu sejauh kurang lebih 7km.
Sama seperti provinsi-provinsi lainnya di Indonesia, provinsi Bengkulu juga memiliki wisata kuliner yang tentunya mempunyai keunikan rasa dan ciri khas daerah yang lezat. Wisata kuliner termasuk salah satu yang menunjang untuk membangun Bengkulu. Mengapa demikian? Karena industri kuliner cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Bisa kita lihat banyak sekali kafe, angkringan, dll yang di bangun oleh anak muda Bengkulu sehingga dapat memperluas lapangan pekerjaan yang baru. Bisa kita lihat menu-menu makanan yang terdapat di kafe, angkringan ini bervariasi, mereka mampu mengeluarkan kreatifitas mereka untuk bersaing secara sehat.
Salah satu kuliner yang dimiliki oleh Bengkulu adalah lemang tapai. Kuliner seperti apa sih lemang tapai ini? Kuliner lemang tapai berasal dari Kabupaten Bengkulu Selatan atau Manna. Lemang tapai sendiri adalah makanan yang sangat  lezat nan unik yang terbuat dari beras ketan putih dan dimasak di dalam ruas bambu yang dilapisi oleh daun pisang yang muda kemudian diberi bumbu-bumbu lainnya dengan cara dibakar, sedangkan tapai terbuat dari fermentasi beras ketan hitam dengan ragi yang prosesnya dapat memakan waktu 2-3 hari. Di Kota Bengkulu, lemang tapai termasuk salah satu menu makanan ketika berbuka puasa saat bulan Ramadhan, acara pernikahan dan menjadi salah satu kuliner yang paling di cari oleh masyarakat Bengkulu. 
Ada dua cara mengonsumsi lemang tapai ini. Pertama, keduanya diaduk menjadi satu seperti makan kolak ketan hitam yang langsung dicampurkan dengan lemang dan diaduk rata. Cara kedua, dengan mencocolkan lemang tapai yang diiris tipis pada ketan hitam. Lemang tapai ini juga enak disantap dengan durian.
Sangat disayangkan, kuliner seperti lemang tapai ini sangat jarang ditemukan di pusat-pusat kota kecil maupun kota besar. Di provinsi Bengkulu sendiri lemang tapai ini dapat dijumpai pada sepanjang jalan sungai rupat, karena mayoritas masyarakat di sana adalah penjual lemang tapai dan jika ingin melihat bagaimana proses pembuatan lemang tapai bisa di lihat langsung di tempat. 
Salah satu alasan yang memungkinkan lemang tapai ini tidak ditemukan pada pusat-pusat kota adalah masalah cita rasa, cita rasa yang kaku membuat pencinta kuliner ini hanya dari kalangan orang tua saja. Banyak para anak-anak, remaja tidak menyukai kuliner lemang tapai ini. 
Lemang tapai ini juga berpotensi menjadi salah satu makanan yang disajikan apabila terdapat acara seperti pertemuan-pertemuan pejabat daerah maupun negara apabila dikembangkan dengan baik dan benar. Dalam hal ini lemang tapai sangat berguna untuk memperkenalkan kota Bengkulu di kanca nasional bahkan internasional lewat kuliner. Selain itu, kita dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Bengkulu dan tentunya bisa membangun Bengkulu lebih baik lagi. 
Adapun keunggulan-keunggulan lemang tapai varian rasa ini adalah:
1.       Dapat menggantikan makanan pokok untuk sarapan.
2.      Mempunyai keunikan rasa yang khas.
3.      Makanan dapat dikolaborasikan dengan berbagai jenis es krim.
Salah satu faktor yang bisa mendorong untuk membangun Bengkulu ialah partisipasi masyarakat Bengkulu harus kuat untuk melestarikan makanan tradisional sehingga produk lemang tapai varian rasa ini diharapkan menjadi menu utama kuliner daerah khas Bengkulu sehingga bisa memperkenalkan  provinsi Bengkulu di kanca nasional maupun internasional.
Wisata kuliner ini juga bisa kita kolaborasikan dengan pariwisata-pariwisata yang ada di Bengkulu. Di pantai panjang misalnya, banyak sekali kita lihat pengunjung yang datang dari luar provinsi bahkan dari luar negeri, tentunya kesempatan ini bisa kita gunakan sebagai tempat untuk mempromosikan kuliner lemang tapai ini karena Bengkulu mempunyai pontensi yang besar sebagai daerah tujuan wisata. Tidak hanya itu, kita bisa mempromosikan kuliner lemang tapai ini melalui media-media sosial yang sering kita gunakan terkhususnya untuk pemuda-pemuda Bengkulu.
            Oleh karena itu, sebagai salah satu pemuda kota Bengkulu, saya ingin mengajak pemuda-pemudi kota Bengkulu agar menyukai makanan khas daerah tradisional yang satu ini dengan cara memberikan varian rasa yang dipadukan dengan ice cream. Dengan menambahkan varian rasa dan memadukannya dengan ice cream, tentunya menjadikan makanan ini lebih lezat dan nikmat sehingga mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi semua kalangan.
Dan untuk pemerintah provinsi Bengkulu agar dapat memberikan fasilitas berupa material dan non material serta mendukung para pemuda Bengkulu untuk berkreativitas demi memajukan Bengkulu ini. 
Hidup Rakyat Bengkulu, Bersamo Kito Maju!! (Riztika Yulva)



0 komentar:

Posting Komentar