Kamis, 13 September 2012

Tips : MENIKMATI TULISAN

Kegiatan mencari ilmu dapat dilakukan dengan beragam cara. Bagi kita, umumnya itu dilakukan dengan kegiatan formal, seperti bersekolah, baik ke pendidikan formal maupun nonformal. Selain itu, kegiatan mencari ilmu dapat pula dilakukan dengan mengfungsikan beragam indera kita. Indera penciuman digunakan untuk mengetahui beragam bau. Indera pendengaran digunakan untuk mendengarkan rekaman suara berkualitas dan bernilai pendidikan. Indera pencecapan digunakan untuk membedakan beragam rasa (tactile). Indera perasaan digunakan untuk menilai hati dan beragam pikiran. Satu lagi, indera penglihatan digunakan untuk menikmati semua nikmat Tuhan yang terlihat. Dan kita fokus ke bagian ini: menikmati tulisan.


Kita sering membaca buku. Sebagian orang menggunakan kegiatan membaca sebagai hobi atau kegemaran. Namun, banyak orang menggunakan kegiatan membaca sebagai kewajiban  karena menjadi bagian dari mata rantai tugas harian. Dan jenis ini adalah terbanyak dilakukan oleh kalangan akademisi, seperti siswa/ mahasiswa, guru/ dosen, dan peneliti.

Namun, banyak orang membaca buku dengan tidak sempurna. Beragam ketidaksempurnaan itu dilakukan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Oleh karena itu, aku akan berbagi kiat atau tips membaca efektif. Ketiganya adalah memilih topic bacaan, usahakan menyelesaikan, dan memilih waktu.
Tips 1: Memilik Topik Bacaan
Kita suka membaca buku karena “paksaan”. Kegiatan membaca buku masih dinilai sebagai beban. Kita jarang menggunakan kegiatan membaca sebagai kebutuhan. Satu penyebab utama yaitu kesalahan memilih topic bacaan. Oleh karena itu, hendaknya kita memilih topic bacaan yang menarik.
Topik buku yang menarik tentu sering berhubungan dengan profesi. Mengapa? Agar isi buku dapat menunjang karier. Oleh karena itu, hendaknya kita membaca buku-buku yang relevan dengan profesi kita saat ini. Dari sekadar menyalurkan hobi, kita menambah wawasan untuk memperbaiki kualitas profesi.
BASKOM Edisi# 1 September 2012
Secara tidak sadar, kita akan termotivasi untuk menyelesaikan pembacaan buku itu. Kita terpancing untuk menyelesaikan buku itu sekali duduk. Ada rasa ingin tahu yang sedemikian besar dalam hati jika isi buku belum terbaca semua. Maka, motivasi untuk menyelesaikan buku itu merupakan nilai termahal karena topic buku memang menarik hati.
Tips 2: Usahakan untuk Menyelesaikan
Ketika membaca buku, hendaknya kita pandai-pandai memilih buku. Usahakan agar buku itu tidak terlalu tebal. Mengapa? Agar buku itu terselesaikan membacanya dalam sekali duduk. Hendaknya kita menghindari menunda menyelesaikan membaca buku. Selesaikan agar pemahaman isi buku tidak sepotong-potong.
Kita suka melipat buku karena belum menyelesaikannya. Menurutku, itu termasuk tindakan kurang baik. Selain merusak buku, penundaan itu mengurangi bobot pemahaman dan memotong pikiran untuk memahami isinya. Pikiran kita akan terganggu karena “aliran pikiran” dihambat. Maka, alangkah baiknya jika kita menyelesaikan buku itu sekali duduk.

BASKOM Edisi# 1 September 2012
Kegiatan membaca buku memerlukan waktu tersendiri. Kegiatan membaca buku tidak dapat dilakukan dengan serampangan. Oleh karena itu, hendaknya kita memilih waktu yang tepat agar kita dapat menyelesaikan buku itu.
Pertama, tengah malam.
Kedua, waktu bepergian.
Ketiga, waktu istirahat kerja.
Selamat mencoba!!!
Dan selamat membaca...

0 komentar:

Posting Komentar