Kamis, 29 Desember 2011

Tahun 2012, P3M Fisip Unib Ditiadakan


Tahun 2012, P3M Fisip Unib Ditiadakan

Bengkulu - Tahun 2012 mendatang, kegiatan Penalaran, Penelitian dan Pengabdian Mahasiswa atau biasa disebut P3M yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu ditiadakan. Keputusan ini ditetapkan kemarin (23/12) saat rapat koordinasi antara Pembatu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fisip Unib Tamrin Bangsu bersama Ketua Jurusan dan Bupati Hima dari tiap-tiap Jurusan dan Prodi yang ada di lingkungan Fisip Unib. dalam rapat koordinasi ini juga turut hadir pejabat Badan Eksekutif Mahasiswa Fisip Unib.

Rapat koordinasi yang diselenggarakan di ruang rapat utama Dekanat Fisip ini sempat memanas saat pihak fakultas mengajukan rekomendasi untuk mengadakan kegiatan P3M di awal masuk. dan KBS yang dilakukan Hima boleh diadakan tapi saat libur akhir semester Satu. Tentu ini mengundang reaksi keras dari HIMIKOM dan Hima ADMIRA yang selama ini selalu mengadakan KBS di awal masuk mahasiswa baru.

“Kalau kita laksanakan P3M diawal, saya kira ini lucu mengingat mahasiswa baru masih perlu banyak belajar bagaimana bersikap ditengah masyarakat banyak. Jangan sampai nanti malah akan membuat citra buruk bagi lembaga pendidikan Universitas Bengkulu” ujar Bupati HIMIKOM Edwin Syaputra, Bupati Hima ADMIRA Arizona juga menilai bahwa perlu ada pembenahan kembali kegiatan tahunan ini.

‘Saya menilai kegiatan P3M saat ini lebih banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya, jika memang ingin mengadakan kembali kita harus merancang dan memperbaiki terlebih dahulu secara keseluruhan mulai dari konsep hingga susunan kepanitiaan serta system pendanaan dari kegiatan ini.” TAmbah Arizona.

Setelah terjadi perdebatan yang cukup panjang, akhirnya diambillah alternative voting untuk menentukan apakah dari masing-masing Hima sepakat kembali mengadakan P3M pada tahun 2012 dan jadwalnya di awal masuk perkuliahan dan KBS dilaksanakan diakhir semester Satu.

Meskipun selisih suara hanya satu, yakni yang setuju P3M kembali diadakan 3 HIMA (HIMASOS, HIMA Jurnalistik, HIMA Sekretaris) dan yang menyatakan tidak sejuju ada 4 HIMA (HIMIKOM, HIMA Admira, HIMASTRA, HIMA KS) sedangkan HIMA Perpus dinyatakan Golput karena tidak hadir dalam rapat. Voting tersebut akhirnya menghasilkan keputusan untuk tahun 2012 mendatang P3M tidak diadakan.

Pertemuan ini diselenggarakan lantaran sebelumnya telah dilakukan Rapat Senat Fisip Unib dan menghasilkan salah satu keputusan yakni pihak Fakultas keberatan dengan menarik dana 2 kali dalam waktu berdekatan yakni untuk P3M dan untuk KBS.
Lalu akhirnya PD III mengambil keputusan untuk menentukan secara bersama-sama apakah P3M akan tetap diadakan atau tidak. Selain itu, PD III menilai KBS belakangan mengganggu perkuliahan mahasiswa baru.

Dalam pertemuan ini juga sempat ditawarkan mengadakan P3M dengan konsep baru. Akan tetapi tetap saja tidak mempengaruhi pendirian para perwakilan Hima untuk mentolerir rekomendasi dari pihak Fakultas.
(ewn)

0 komentar:

Posting Komentar