Kamis, 25 Mei 2017

Love Yourself!

Yuk, Love Yourself!
Cause if you like the way you look that much, Oh baby you should go and love yourself. And if you think that I'm still holdin' on to somethin', You should go and love yourself lah kok jadi nyanyi lagunya si Justin Bieber sih?

Kita pasti sering ngerasa nggak pede atau nggak berani buat ngelakuin sesuatu. Ini nih salah satu faktor yang menyebabkan kita nggak mencintai diri kita sendiri.  Tapi tenang aja kok, karena nggak hanya kita pasti orang lain juga pernah ngerasain hal yang sama.

Mencintai diri sendiri tergantung dari cara kita menilai dan menghargai diri. Dengan mencintai diri, kita belajar menerima kelebihan dan kekurangan diri. Sikap kita ini mempengaruhi cara pandang terhadap kehidupan. Kalau kita nggak bisa mencintai diri, kita pasti bakal ngerasa nggak pede, susah mengendalikan emosi, susah mengambil keputusan, bahkan sampai susah buat bergaul. Nggak asyik banget kan?

Sebenarnya nggak salah kok kalau terkadang kita masih merasa kurang nyaman dengan diri sendiri. Apalagi di masa-masa remaja kita ini, masih banyak banget transisi yang harus kita lewatin. Yaaa mau nggak mau kita harus menerima segala perubahan itu. Contoh kecil aja nih, wajah kita muncul jerawat yang nggak diundang. Siapa sih yang nggak kesel melihat wajah yang mulus dan tiba-tiba jadi penuh jerawat? Makin mengesalkan ketika teman-teman di sekolah justru bisa tampil lebih cantik. Ini nih, yang bikin kita jadi makin nggak pede. Belum lagi, ketika kita punya minat dan hobi yang berbeda dengan teman-teman yang lain. Kita jadi malu untuk mengekspresikan diri, karena takut dianggap beda oleh teman-teman. Nggak heran deh, kita jadi susah untuk menerima diri sendiri.
Maka dari itu, untuk memulai mencintai diri sendiri, kita harus mengakui bahwa pada dasarnya setiap orang itu berbeda-beda. Mulai dari hal seperti hobi, minat, makanan kesukaan, bahkan tipe buat cari gebetan. Enggak masalah deh kalau minat kita beda sama yang lain, yang penting kita harus menggali potensi yang ada di dalam diri kita. Kalau kita pandai untuk menggali potensi yang kita punya, kita bisa menciptakan prestasi dengan potensi tersebut. Nah, dengan adanya prestasi, kita pasti bakal jadi lebih bangga dengan diri kita sendiri kan?

Belajar untuk mencintai diri sendiri bisa kita mulai dari hal-hal kecil kok, biar lebih mudah kita juga bisa menguraikan beberapa hal yang kita suka tentang diri kita. 6 poin di bawah ini pasti bisa buat kamu lebih mudah untuk mencintai diri kamu, yuk di baca!

1. Kenali diri kita

Ambil secarik kertas, lalu tulis sebanyak-banyaknya hal tentang diri kita. Bisa mulai dari makanan favorit, sampai tipe cowok kamu. Kalau bingung mau nulis apa, kita bisa kok minta saran dari sahabat atau saudara, mereka pasti bakal dengan gampang menjabarkan tentang kita.

2. Keep Positive
Teman punya body goals, nggak berarti cowok-cowok jadi hanya melirik dia dong? Kalau kita mau, kita juga bisa kok. Nggak perlu makeover habis-habisan, tapi dengan eksplor potensi kamu yang nggak kalah hebatnya. Misalnya nih, kita bisa mulai dengan bersikap ramah dan akrab dengan semua orang. Tapi bukan berarti juga pencitraan di depan orang-orang ya. Pasti teman-teman banyak yang betah sama kita, gitu juga dengan para cowok.

3. Hargai setiap prestasi
Sekecil apapun kerja keras kita, semuanya tetap pantas untuk di hargai. Misalnya aja nih, kita berhasil ngejar target nilai waktu ujian. Yuk traktir diri kita dengan membelikan satu eskrim rasa favorit atau makan sepuasnya. Dengan selalu menghargai apa yang kita lakukan, kita belajar untuk bangga dengan diri sendiri.

4. Curhat, curhat, curhat
Ketika kita lagi emosi, badmood, ataupun happy, ceritakan apa yang kita rasakan dengan cara lebih sehat. Sahabat, saudara, sampai orang tua pun adalah orang yang tepat untuk diajak curhat. Kita juga bisa menuangkan emosi dengan cara lain, misalnya dengan melakukan hobi yang kita suka.

5. Jangan terlalu mudah percaya dengan omongan orang lain
Saat ada teman yang bilang kalau kita sudah terlalu gendut, udah santai ajalah jangan diambil pusing. Tanggapi pendapat dari teman dengan nada bercanda. Jika kita sudah menanggapi dengan bercanda tapi tetep kebawa emosi, yuk balik lagi ke poin 4! Jangan mudah terpancing untuk mengubah diri kita hanya karena ingin diterima di lingkungan pergaulan. Yakinlah bahwa diri kita memang berbeda dari yang lain.

6. Aktif dalam segala kegiatan
Mumpung masih jiwa muda nih, lakukan apaun yang kita inginkan. Dengan begini, kita bisa menemukan kelebihan dan kekurangan diri kita. Nggak hanya itu, kita juga belajar untuk mengalami kekalahan. Sehingga ketika mengalami kesulitan, kita bakal terus bangkit dan mencoba lebih baik lagi. Tambah lagi deh, dengan semua kegiatan ini, dijamin kita pasti jadi makin cinta diri sendiri (tapi jangan sampai narcissism ya!)

7. Dress up (buat cewek atau cowok deh)
Waktu mood kita lagi kurang baik, coba deh untuk dress up atau berdandan. Ambil pakaian paling bagus yang kita punya. Lalu bercermin dan perhatiin deh, siapa sih sosok keren di pantulan cermin itu?

8. Jalan sendirian
Siapa bilang kalau sendirian itu membosankan. Sendirian itu totally quality me-time banget loh! Sesekali boleh nih, kita iseng-iseng ke mall, cuci mata, lihat-lihat baju, sampai mencicipi makanan enak sendirian di mall. Kesendirian justru membuat kita jadi lebih mengenal diri kita, dan kita jadi lebih berdamai dengan semua kekurangan diri.

9. Menulis
Suka menulis? Saatnya menuangkan apa yang kita rasakan dengan tulisan. Menulis membantu kita untuk membuat kepala dan pikiran kita jadi lebih dingin loh. Bahkan, dengan membaca tulisan sendiri merupakan cara terbaik untuk healing time dan mengenal diri kita.

10. Makan makanan favorit
Setiap orang pasti punya deh makanan yang bisa buat lebih happy. Iya kan? Misalnya ada yang kalo makan coklat atau eskrim bisa jadi lebih hype! Ambil deh makanan favorit kamu, dan nikmati sesuap demi sesuapnya. Rasa kecewa pasti jadi teralihkan dengan rasa lezat dari makanan favorit kita.

11. Kumpul dengan orang-orang tersayang
Yang namanya happy nggak selalu kita alami setiap saat. Kadang ada aja saat-saat kita mulai kesal dan nggak nerima diri kita sendiri. Nah, carilah orang-orang terdekat kita bisa orang tua, sahabat, atau saudara. Mereka adalah orang-orang yang selalu bisa nerima kita apa adanya, dijamin! Dan pastinya buat kita jadi lebih bersyukur dengan apa yang kita miliki.


Temen-temen, tiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Sebelum mencintai orang lain, yuk mulai untuk cintai diri sendiri terlebih dahulu!

0 komentar:

Posting Komentar