Kamis, 08 Desember 2011

Pelatihan Pengembangan Organisasi Universitas Bengkulu


PENINGKATAN kemampuan intelektual mahasiswa harus diiringi dengan peningkatan pengetahuan lainnya. Karena itu, selain menggenjot pengembangan akademik, Universitas Bengkulu juga terus melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi pengembangan keterampilan dan kreativitas mahasiswa. Salah satu kegiatan yang baru saja dilaksanakan adalah pelatihan Student Advisory Center (SAC).

Kegiatan pelatihan yang dimotori Bagian Kemahasiswaan Unib tersebut berlangsung sehari, Selasa (6/12), bertempat di ruang rapat utama gedung rektorat. Pelatihan ini diikuti 60 mahasiswa yang merupakan perwakilan pengurus BEM Universitas, BEM Fakultas, UKM, HIMA dan organisasi mahasiswa lainnya selingkung Unib maupun perwakilan dari universitas lain seperti dari Unived, Unihaz dan UMB.

Pelatihan yang bertajuk “Pengembangan Organisasi Mahasiswa” itu dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor Unib Bidang Kemahasiswaan H. Hutapia Wazir, SE, ME dan dihadiri Kepala Bagian Kemahasiswaan Unib Dra. Umda Tussabat, para Kepala Sub Bagian dan unsur-unsur terkait lainnya.
Usai dibuka secara resmi oleh PR III Unib, para peserta pelatihan diberikan sejumlah pengetahuan terkait pengembangan organisasi, yaitu materi tentang Karakter dan 4 Pilar Kebangsaan yang disampaikan Hutapia Wazir, SE, ME, kemudian tentang Motivasi Organisasi Mahasiswa dijabarkan dosen Fakultas Pertanian yang pernah menjabat PR 3 Unib Prof. Dr. Agr. Johan Setianto.

Berikutnya setelah Ishoma, para peserta juga mendapat pengetahuan dari para narasumber yang ahli di bidangnya yaitu tentang Ketahanan NKRI yang disampaikan Mayor. Inf. Deksi Van Toni, SH dari unsur TNI, dan materi tentang Peran Organisasi Mahasiswa dalam Menghadapi Isu-isu Aktual di dalam Masyarakat dijabarkan Dr. Elektison Somi, SH, M.Hum, serta Komunikasi dalam Berorganisasi dijabarkan Mas Agus Firmansyah, S.Sos, M.S. Kedua pembicara terakhir adalah dosen Fakultas Hukum Unib dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unib.

Semoga dari pelatihan ini para aktivis dan pejabat BEM maupun UKM serta HIMA dan organisasi lain yang turut datang dalam pelatihan tersebut dapat mengupgrade lebih lagi kemampuan dan mengembangkan pengetahuan mereka dalam berorganisasi.

0 komentar:

Posting Komentar